USER INTERFACE DALAM MEMBANGUN SISTEM INFORMASI
A. INTERFACE
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
B. Tujuan Interface
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.
C. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi manajemen (SIM) bukan sistem informasi keseluruhan, karena tidak semua informasi di dalam organisasi dapat dimasukkan secara lengkap ke dalam sebuah sistem yang otomatis. Aspek utama dari sistem informasi akan selalu ada di luar sistem komputer.
Pengembangan SIM canggih berbasis komputer memerlukan sejumlah orang yang ber keterampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Banyak organisasi yang gagal membangun SIM karena :
1. Kurang organisasi yang wajar
2. Kurangnya perencanaan yang memadai
3. Kurang personil
4. Kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.
SIM yang baik adalah SIM yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat.
D. PERAN INTERFACE TERHADAP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem Informasi Manajemen memiliki sub-sitem informasi. Dimana sub-sistem tersebut mendukung tercapainya sasaran Sistem Informasi Manajemen dan organisasi sebagian dari sub-sistem berperan hanya dalam satu kegiatan atau lapisan manajemen, sementara yang lainnya berperan ganda. Untuk itu Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana alur pembentukan subsistem
Pembentukan Subsistem :
1. Factoring
2. Simplifikasi(Penyederhanaan)
3. Cluster (gugus)
4. Decoupling (pemisahan)
E. PENGERTIAN USER INTERFACE (UI)
UI atau user interface atau tampilan antarmuka adalah bagaimana cara program dan user (pengguna) berinteraksi. Istilah user interface ini terkadang juga digunakan untuk pengganti istilah HCI (Human Computer Interaction). User interface adalah semua aspek yang berkaitan erat dengan interaksi / komunikasi antara pengguna dan komputer, khususnya dalam bab software. Semua aspek yang tampil di layar, dapat dilihat, dibaca, dipahami, dan dimanipulasi dengan keyboard dan tetikus (mouse) merupakan bagian dari user interface. User interface yang baik adalah user interface yang dapat memberikan pengalaman interaksi yang dengan mudah dapat dipahami oleh user (pengguna), user interface semacam ini disebut sebagai user friendly.
F. FUNGSI UI (USER INTERFACE)
Secara umum user interface menyediakan metode untuk input dan output. Dengan user interface, user dapat dengan mudah melakukan input dan output data dan merekayasa / memanipulasi data sesuai keperluan. Saat awal teknologi komputer dibuat, komputer dijalankan dengan memanfaatkan perintah teks yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Metode semacam ini berlaku penuh untuk semua program atau pun perintah-perintah tertentu yang berkaitan dengan sistem informasi.
G. CONTOH FUNGSI USER INTERFACE
H. Tujuan Pembuatan User Interface
· Memudahkan Input Data Masukan Oleh User
· Membuat Program Menjadi Menarik
· Menampilkan hasil pemrosesan data oleh program
· Memudahkan pembacaan data yang dihasilkan oleh program
· Efisiensi kerja yang dilakukan oleh user
· Memperkecil kesalahan masukan data yang dilakukan oleh user
I. Manfaat Antar Muka (Interface) pengguna
Manfaat User Interface untuk menghubungkan atau penerjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman berkomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interface (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Apple Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.
J. Desain Interface
1. Struktur Menu Utama
2. Struktur Menu Admin
3. Struktur Menu User
4. Desain Input
Perancangan Input untuk menghasilkan informasi, diperlukan perancangan input sebagai dasar dalam perancangan suatu sistem, sehingga menghasilkan suatu output yang diharapkan. Perancangan yang terdapat dalam sistem informasi persewaan buku ini adalah :
5. Halaman Login Admin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar