Penerapan Mobil Tesla pada Green Computing

Penerapan Mobil Tesla pada Green Computing

A.   SEJARAH MOBIL TESLA



Di benua Amerika dan Eropa siapa yang tidak kenal nama besar Tesla Motors, Inc. perusahaan otomotif asal Amerika Serikat (AS) sebagai pengembang dan pembuat mobil sport elektrik (mobil sport dengan tenaga baterai) yang berkantor pusat di San Carlos, California, AS. Di negara kita nama Tesla Motors kurang begitu terdengar bahkan mobilnya sendiri jarang kita lihat di jalanan ibu kota, padahal peran mobil ini sangat baik karena tidak memiliki gas buang. Tesla Motors didirikan pada Juli 2003, oleh 2 orang insinyur–otomotif Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Sedikit tentang Martin Eberhard dan Marc Tarpenning.
Ebenhard, dibesarkan di Kensington, California, dan menempuh studi nya di University of Illinois di Urbana-Champaign, Ebenhard memperoleh gelar sarjana (1982) dalam teknik komputer dan gelar master (1984) di bidang teknik listrik. dan kemudian menduduki berbagai posisi, termasuk insinyur listrik di Wyse Technology, wakil presiden elektronik di Belfort Memory International, dan chief engineer di Network Computing Devices, yang di dirikan nya.
Dan orang berikutnya dibalik Tesla Motors adalah Elon Musk, pendiri sekaligus juga direktur utama Tesla Motors telah mengucurkan dana sebesar 7,5 juta dolar AS, pada April 2004 hal ini lah yang membuatnya duduk sebagai Direktur Utama. Sedikit sejarah tentang Musk pada tahun 1992, setelah belajar selama dua tahun di Queen’s University, Kingston, Ontario, Musk pindah ke Wharton School di University of Pennsylvania dan memperoleh gelar S1 dalam bidang ekonomi dan S1 kedua dalam bidang fisika. Ia pindah ke California untuk mengejar gelar Ph.D. dalam bidang fisika terapan di Stanford namun keluar setelah dua hari demi mengejar keinginannya untuk berwiraswasta di sektor Internet, energi terbarukan, dan luar angkasa.
Nama Tesla sendiri diambil dari nama penemu, fisikawan, teknisi mekanika dan teknisi listrik Amerika Serikat yaitu Nikola Tesla sebagai penghargaan atas penemuannya. Nikola Tesla di lahirkan Smiljan, Kroasia, 10 Juli 1856, kemudian pada tahun 1891 menjadi warga negara Amerika Serikat selagi bekerja di negara tersebut dan sepat menjadi asisten Thomas Edison. Paten Tesla merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik Alternating Current atau yang sering kita kenal AC.

B.    TEKNOLOGI BATERAI
Tesla Motors tidak menggunakan baterai fungsi tunggal berukuran besar, melainkan menggunakan sel baterai gabungan yang terdiri dari ribuan baterai lithium ion seri 18650. Baterai ini berbentuk silinder berukuran kecil yang biasa ditemukan pada laptop dan barang elektronik konsumen lainnya. Baterai yang digunakan Tesla Motors ini cukup murah untuk diproduksi dan berbobot lebih ringan. Pengurangan biaya dan bobot baterai dilakukan Tesla Motors dengan mengurangi komponen keamanan yang ada pada baterai. Menurutnya, komponen keamanan tersebut bersifat redundant karena satu paket baterai sudah memiliki komponen keamanan tersebut. Saat ini, Panasonic merupakan suplai tunggal sel baterai jenis ini ke Tesla Motors. Biaya perakitan baterai mobil listrik Tesla Motors merupakan yang termurah di dunia dengan hanya sekitar 200 USD per kWh.
Pada Tesla Model S, baterai berada di lantai mobil, sedangkan pada Tesla Roadster baterai berada di belakang tempat duduk. Fitur ini memungkinkan Tesla Model S memiliki ruang lebih untuk barang dan manusia. Namun fitur ini memiliki risiko karena posisi baterai yang dekat dengan aspal membuat baterai memiliki kemungkinan rusak karena serpihan atau kerikil aspal. Untuk mencegah hal ini, digunakan lempengan logam paduan aluminium sebagai pelindung baterai. Dan posisi baterai yang sedemikian rupa menjadikan penggantian baterai lebih mudah dan cepat, hanya membutuhkan waktu 90 detik saja.

C.    FITUR PADA MOBIL TESLA



·      Eksterior
Dari bagian eksterior, Tesla memiliki bodi alumunium ringan. Mobil ini diperkuat dengan elemen baja boron. Wiper kaca depan pun memiliki teknologi canggih. Kecepatan putaran wiper itu bisa disesuaikan dengan kondisi hujan secara otomatis. Atap alumunium, pelek alumunium 19 inci dengan ban segala kondisi, lampu depan Xenon dengan on/off otomatis dan lampu daytime running melengkapi eksterior. Lampu belakang LED pun menambah kesan mewah yang terlihat dari luar.

·      Interior
Dilihat dari dalam kabin, mobil listrik ini memiliki kursi pemanas, dekorasi dengan aksen hitam piano, sandaran tangan dengan dua rak cangkir dan handel pintu logam. Kursi baris kedua memiliki split fold-down 60/40.

·      Sistem Penggerak
Tesla Model S merupakan mobil listrik dengan penggerak roda belakang. Model ini dilengkapi dengan powertrain liquid-cooled termasuk baterai, motor, penggerak inverter, dan gear box. Model S hadir dengan 60 kWh microprocessor controlled, lithium-ion battery dan single speed fixed gear dengan rasio 9,73:1.

·      Fitur Keamanan
Tesla Model S dilengkapi dengan 8 titik airbag, sensor posisi duduk pengemudi, sensor kecelakaan untuk memutuskan tegangan tinggi dan pintu belakang dengan kunci pengaman untuk anak-anak melengkapi sistem keselamatan pada Tesla Model S.

·      Pasang Panel Surya Sendiri
Jika ingin lebih jauh mengurangi emisi, pengguna mobil Tesla juga bisa menginstal panel surya di rumahnya. Dengan panel surya itu, pengguna bisa menghasilkan energi terbarukan untuk persediaan listrik di rumah dan mobil Tesla. Dengan begitu, Tesla Model S ini menjadi lebih ramah lingkungan.

D.   KEUNGGULAN PADA MOBIL TESLA



·      RAMAH LINGKUNGAN
Dikatakan ramah lingkungan, karena saat dikendarai tidak ada polusi yang dikeluarkan oleh mobil ini. Baik polusi udara maupun polusi suara. Dengan daya pacu berupa battery berkapasitas tinggi yang menggerakkan motor listrik, tidak ada pembakaran bahan organic yang menimbulkan emisi karbon. Sumber energi bagi mobil listrik ini adalah battery lithium. Jadi seperti gadget yang diisi ulang battery-nya jika sudah habis. Proses mengecas nya pun tidak tergantung infrastruktur, karena bisa dilakukan sendiri di rumah pemiliknya.

·      LEBIH HEMAT BIAYA OPERASIONAL
Mobil listrik ini bisa lebih hemat biaya operasionalnya dibanding mobil dengan combustion engine. Untuk Tesla Model X, menurut Rudy Salim, selaku Presiden Direktur PIM, dengan tarif listrik yang ada sekarang, pengisian daya pada battery dari kosong ke penuh hanya membutuhkan biaya sebesar Rp. 130.000 saja, dengan jarak tempuh maksimum hingga 380 km.

·      TIDAK TERGANTUNG INFRASTRUKTUR TERKAIT SUMBER ENERGY (BBM)
Jika mobil bermesin bakar sangat tergantung dengan ketersediaan bahan bakar yang disediakan pemerintah melalui BUMN seperti PERTAMINA, maupun pihak swasta lainnya. Maka mobil listrik akan berpindah pada PLN.

·      BERTENAGA SUPER
Tenaga SUV Tesla Model X berasal dari battery lithium ion dengan berbagai pilihan daya, mulai dari 75kw hingga 100kw. Rudy Salim mengatakan bahwa sampai saat ini, hanya Model X tipe 75D yang sudah meramaikan pasar nasional. Namun konsumen Indonesia juga bisa memesan Tesla X dengan spesifikasi lebih tinggi seperti 90D, 100D dan P100D.

·      LEBIH RINGAN DAN RINGKAS
Mesin hybrid jauh lebih ringkas dari mesin bakar yang rumit. Battery lithium juga tidak memerlukan ruang yang besar layaknya combustion engine. Sehingga para engineer perancang Tesla ini bisa menggunakan mobil ini dengan ruang yang tersedia.

·      TEKNOLOGI CANGGIH
Sumber penggerak listrik yang lebih ringkas memberi peluang untuk disematkannya berbagai teknologi canggih pada mobil Tesla X ini. Bahkan juga dikatakan bahwa Tesla adalah mobil tercanggih yang ada saat ini. Berbagai sudah disematkan, antara lain:

Fitur Autopilot
Mobil listrik ini sudah mengusung teknologi autopilot. Namun berbeda dari teknologi autonomous. Fitur autopilot sepertinya bisa diaktifkan pada kondisi jalan yang stabil. Bedanya dari autonomous, masih diperlukan peran aktif pengemudi saat fitur ini aktif.
12 Sensor Ultrasonic
Teknologi sensor ditujukan untuk penyematan fitur-fitur keselamatan seperti pengereman otomatis, fitur autopilot dan lain sebagainya.
8 kamera Surround
Memungkinkan view 360 derajat untuk mengetahui keadaan sekitar mobil.
Penggerak All Wheel Drive (4WD)
SUV canggih ini juga sudah dilengkapi penggerak untuk keempat roda (4×4), sehingga punya kemampuan melahap medan yang kurang bersahabat.

·      SANGAT NYAMAN
Tesla di klaim sebagai SUV paling aman, karena memiliki standar dan fitur-fitur keselamatan tinggi dibanding SUV lain dengan mesin bakar. Dari hasil uji tabrak, Model X mendapat hasil yang lebih baik dari standar 5-bintang. Rudy Salim mengatakan jika saja ada nilai 6-bintang, maka Tesla ini layak dapat 6-bintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar