Joint Application Design (JAD) and QUESTIONARRIES


Joint Application Design (JAD) and QUESTIONARRIES

A.   Joint Application Design (JAD) /  Desain Aplikasi Bersama
Proses kelompok terstruktur yang terfokus untuk menentukan kebutuhan melibatkan tim proyek, pengguna dan manajemen kerja bersama-sama. Pelaku-pelaku dari JAD adalah sebagai berikut :
1.  Fasilitator menjembatani komunikasi antara pengguna sistem dan pembuat sistem selama proses diskusi berlangsung. Fasilitator juga bertugas menyiapkan agenda dan memandu proses kelompok dalam menentukan kebutuhan sistem.
2.    Scribe adalah peserta JAD yang bertugas mencatat isi dari sesi JAD. Tugas ini harus dilakukan dengan sangat teliti karena hasil catatan inilah yang merupakan bahan mentah untuk kebutuhan sistem yang akan dirumuskan.
3.    Pengguna dan Manajer dari perusahaan yang akan dibuat sistemnya.

B.   KUISIONER (QUESTIONARRIES)
Kuisioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan penganalisis sistem mempelajari Sikap, keyakinan, perilaku, karakteristik. Kuesioner itu bermanfaat jika:

1.  Orang-orang yang ingin di tanya saling berjauhan (berada di cabang yang berlainan meski masih berada dalam satu perusahaan).
2. Melibatkan sejumlah orang di dalam proyek sistem dan berguna bila mengetahui berapa proporsi suatu kelompok tertentu (sebagai contoh, manajemen) yang menyetujui atau tidak menyetujui suatu fitur khusus dari sistem yang diajukan
3.   sedang melakukan studi untuk mengetahui sesuatu dan ingin mencari seluruh pendapat sebelum proyek sistem diberi petunjuk-petunjuk tertentu
4.    ingin yakin bahwa masalah-masalah dalam sistem yang ada bisa diidentifikasi dan dibicarakan dalam wawancara tindak lanjut

Ada dua tipe pertanyaan kuisioner yaitu terbuka dan tertutup. Petunjuk yang harus diikuti saat memilih bahasa kuesioner adalah:

1. Gunakan bahasa responden kapan pun bila mungkin. Usahakan agar kata-katanya tetap sederhana
2.    Bekerja dengan lebih spesifik lebih baik daripada ketidakjelasan dalam pilihan kata-kata.
3.    Pertanyaan harus singkat
4.    Jangan memihak responden dengan berbicara dengan mereka
5.    Hindari dalam pilihan kata-katanya
6.    Berikan pertanyaan kepada responden yang tepat
7. Pastikan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut secara teknis cukup akurat sebelum menggunakannya
8.    Gunakan perangkat lunak untuk memeriksa apakah level bacaannya sudah tepat bagi responden

Tidak ada komentar:

Posting Komentar