Desain Terstruktur Berorientasi Objek Halaman Login BNI
UML (Unified
Modeling Language) adalah metode pemodelan(tools/model) secara visual sebagai
sarana untuk merancang dan atau membuat software berorientasi objek dan
memberikan standar penulisan sebuah sistem untuk pengembangan sebuah software
yang dapat menyampaikan beberapa informasi untuk proses implementasi
pengembangan software.
UML adalah
metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk
mendukung pengembangan sistem tersebut. UML mulai diperkenalkan oleh Object
Management Group, sebuah organisasi yang telah mengembangkan model, teknologi,
dan standar OOP sejak tahun 1980-an. Sekarang UML sudah mulai banyak digunakan
oleh para praktisi OOP. UML merupakan dasar bagi perangkat (tool) desain
berorientasi objek dari IBM.
UML adalah
suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan
mendokumentasikan suatu sistem informasi. UML dikembangkan sebagai suatu alat
untuk analisis dan desain berorientasi objek oleh Grady Booch, Jim Rumbaugh,
dan Ivar Jacobson. Namun demikian UML dapat digunakan untuk memahami dan
mendokumentasikan setiap sistem informasi. Penggunaan UML dalam industri terus
meningkat. Ini merupakan standar terbuka yang menjadikannya sebagai bahasa
pemodelan yang umum dalam industri peranti lunak dan pengembangan sistem.
Diagram UML
Dalam UML, object pada sequence diagram digambarkan dengan segi empat
yang berisi nama dari object yang digarisbawahi. Pada object terdapat 3 cara
untuk menamainya yaitu : nama object, nama object dan class, dan nama class.
Berikut contoh dari ketiga cara tersebut :
Dalam sequence
diagram, setiap object hanya memiliki garis yang digambarkan garis putus-putus
ke bawah. Pesan antar object digambarkan dengan anak panah dari object yang
mengirimkan pesan ke object yang menerima pesan.
Komponen - komponen
· Object - adalah komponen berbentuk kotak yang
mewakili sebuah class atau object. Mereka mendemonstrasikan bagaimana sebuah
object berperilaku pada sebuah system.
· Activation boxes - adalah komponen yang
berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu yang diperlukan sebuah
object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang diperlukan, maka
activation boxes akan lebih panjang.
· Actors - adalah komponen yang berbentuk stick
figure. Komponen yang mewakili seorang pengguna yang berinteraksi dengan
system.
·
Lifeline - adalah komponen yang berbentuk garis
putus - putus. Lifeline biasanya memuat kotak yang berisi nama dari sebuah
object. Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.
Penjelasan
Pada Sequence
Diagram diatas, bisa dilihat bahwa yang menjadi Actors adalah Administrator.
Activation boxes biasanya memiliki garis yang memberitahu aktifitas yang
terjadi ketika actors atau objects berinteraksi ke object lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar